Explore Melaka in One Day! Where to go?

Melaka adalah salah satu kota di Malaysia yang cukup menarik untuk dikunjungi. Dulunya, Melaka masuk dalam wilayah penjajahan bangsa Eropa. Hal itu membuat Melaka memiliki banyak bangunan bersejarah hasil peninggalan kolonial dan kalian bisa melihat dari gaya arsitektur bangunannya yang terkesan megah dan klasik. Nah, di waktu yang singkat ini kira2 bisa mengunjungi tempat apa saja di Melaka?

Fyi, kita berangkat naik bus dari KL ( Terminal Berpadu Selatan ) dan sampai di Melaka sekitar Pk 11.00. Jadi begitu sampai di Melaka Sentral, kita naik Grab menuju tempat makan yang letaknya gak jauh dari kawasan Bangunan Merah.

EE JI BAN CHICKEN RICE BALL

EE JI BAN CHICKEN RICE BALL ini merupakan resto yang suka di review beberapa food channel dan food blogger. Tempatnya gak terlalu besar dan non AC tapi masih cukup nyaman. Disini kita pesen 1/2 boiled chicken, 1/2 roasted chicken, dan rice ball nya.

Roasted Chicken nya enak banget! tekstur kulitnya yang kering2 basah setelah di roasted dengan daging ayamnya yang juicy enak banget waktu di kunyah. Boiled Chicken nya juga enak sih..tapi masih lebih rekomen yang roasted chicken nya! Di makan dengan saus sambelnya perfect! Rice Ball nya biasa aja.. menurutku mirip lemper gitu ya ( Indonesian snack ).. buat dimakan sama ayam ok lah cukup..

Pricelist :
½ boiled chicken : MYR 24
½ roasted chicken : MYR 24
5 pcs Rice ball : MYR 2.00
The O Ice : MYR 1.70

A FAMOSA

A Famosa ini merupakan benteng satu2nya peninggalan Portugis yang masih tersisa pada masa kini. A Famosa sendiri dalam bahasa Melayu memiliki arti terkenal. Di sekitar benteng tersebut juga ada beberapa meriam peninggalan sejarah. Kalau datang kesini lebih enak di pagi hari karena cukup panas ya disini kalau siang dan banyak banget orang sehingga poto2 juga kurang leluasa. It’s FREE for public ya..

ST. PAUL CHURCH
Menaiki tangga di belakang A Famosa akan mengantar kita menuju atas bukit dimana terdapat St. Paul Church yang berdiri pada tahun 1521. Bangunan gereja ini sudah hancur dan jadi reruntuhan guys.. Menurut sejarah, gereja tua ini pernah beralih fungsi dan bangunan nya dimodifikasi sebagai bagian dari benteng Melaka. Di depan gereja ini juga terdapat patung Fransiskus Xaverius, dimana beliau merupakan salah satu tokoh yang mengelola gereja tersebut pada masa nya.

BANGUNAN MERAH

Lanjut menuju ke sebelah timur dari St. Paul Church kita akan memasuki kawasan Bangunan Merah Melaka. Di kawasan ini juga banyak banget bangunan bersejarah yang ramai dikunjungi wisatawan. Salah satunya Christ Church Melaka.

Oya, disekitar kawasan ini juga banyak becak unik yang bisa kalian naiki loh..gak hanya dihias warna warni tapi juga beberapa dikasih sound system yang memutar musik cukup keras yaa..beberapa ada yang dihias pake boneka kayak minion ini guys.. so cute!

MELAKA RIVERSIDE

Diseberang kawasan Bangunan Merah terdapat Melaka River yang juga menjadi tempat incaran wisatawan. Sungai nya cukup bersih dan aliran airnya tenang.. Di bagian kanan kiri sungai terdapat bangunan dengan mural yang instagramable.. cocok buat kalian yang suka poto. Bosan berjalan kaki? kalian bisa coba naik Melaka River Cruise menyusuri sekitar sungai sambil menikmati pemandangan dan angin sepoi2.. Tiketnya kalian bisa beli melalui Traveloka ataupun on the spot.

Kalian juga bisa duduk santai ditepi sungai sambil menikmati jajanan yang ada, salah satunya es buah semangka yang cukup menarik untuk dicoba.

JONKER STREET

Tidak jauh dari Melaka River kalian akan sampai di Jonker Street, dimana banyak sekali kuliner menarik dan toko oleh2 yang bisa kalian kunjungi.

Berhubung udara lagi panas2nya, kita nyobain Coconut Shake (MYR 4.50). Penasaran banget sama minuman satu ini karena banyak banget yang jual.. ini kalian harus cobain sih! Rasanya creamy banget! dan manis nya pas.. seger banget diminum di cuaca panas.

Nah, ada salah satu jajanan yang menarik perhatian kita yaitu Yogurt Ice Cream. Bentuknya lucu banget kecil dan kayak telur. Berbagai variant rasa yogurt yang warna warni bisa kalian coba dengan harga per pcs nya MYR 3.00.

Gak hanya tempat kuliner, di Jonker Street ini juga ada kuil dan taman.. Taman nya terletak dibagian tengah dan gak terlalu luas.. dibagian tengah taman tampak patung Mr. Universe dengan ototnya yang kekar.

Lelah berkeliling kita mencari tempat duduk yang agak nyaman dan mampirlah kita ke FAMOSA WHITE COFFEE. Disini tidak hanya sebagai tempat makan tetapi juga ada menjual berbagai snack yang bisa dijadikan oleh2.

Nah, buat yang mencari suasana cafe.. di daerah Jonker Street juga ada coffee shop kecil yang bisa dicoba..namanya The Coffee Jar. Tempatnya ber-AC jadi bisa sekalian mendinginkan badan dari panas nya matahari di Melaka.

Oya, coffee shop ini punya mesin untuk roast biji kopi nya sendiri loh.. dari segi harga gak terlalu mahal juga..

Mencari kuliner yang unik lagi? Kita ada coba bakcang biru di salah satu tempat makan namanya East & West Rendezvous. Lokasi nya sederet dengan The Coffee Jar tadi.

Warna nya unik ya dibuat dari 2 warna ketan gitu, warna biru dan warna original bakcang.. isi nya juga cukup banyak.. tapi menurut kita dari segi rasa biasa aja sih..ini non halal ya..

Gak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore.. kita jalan kembali ke kawasan Bangunan Merah dan pesan Grab untuk menuju Melaka Sentral. Kok balik kesana? Iya soalnya bingung jelasin ke driver nya kalo dia gak tau jalan.. kalo di Bangunan Merah situ kan lebih jelas dan lokasi nya juga dipinggir jalan raya.. hahahaha

Selesai sudah perjalanan singkat kita di kota Melaka. Ternyata di waktu yang singkat itu banyak juga tempat2 yang bisa kita kunjungi.. Tips nya : cari lokasi wisata yang berdekatan sehingga gak perlu buang waktu di jalan..

Semoga artikel kita kali ini bermanfaat buat kalian yang lagi berencana untuk travelling singkat ke Melaka.. dan buat kalian yang suka membaca cerita travelling bisa follow blog kita ini ya.. biar tetep update sama pengalaman dan tips travelling dari Hug’s Travel Journal!

See you on the next article!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s